Seorang meninggal karena puting beliung Jember

ika (25) penduduk kecamatan sumbersari, kabupaten jember, jawa timur, meninggal dunia juga delapan pihak yang lainmenderita luka disebabkan puting beliung yang menyerang daerah itu, jumat petang (29/03/13).

ada sembilan pihak yang merupakan korban angin puting beliung dengan rincian asli meninggal dunia, dua pihak luka berat serta enam pihak luka ringan, kata kepala bidang rehabilitasi serta rekonstruksi badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) jember, sulchan, sabtu.

ratusan rumah dalam tiga kecamatan yaitu kecamatan kaliwates, patrang, serta sumbersari rusak akibat hujan deras yang disertai angin puting beliung selama jumat (29/3) sore, malahan ada rumah penduduk ambruk juga belasan pohon tumbang di sederat ruas jalan protokol sampai mengakibatkan aliran listrik padam dalam kawasan kota.

menurut dia, korban yang mengalami luka-luka sebab tertimpa reruntuhan bangunan dan ambruk dan ada warga terjebak dalam pada properti mereka saat terjadi hujan deras dan ditemani angin puting beliung.

Baca: Jual Jam Tangan - Cashback honda - jual sepatu futsal online

ada korban puting beliung sekeluarga yang terjebak di pada saat properti mereka ambruk, tapi seluruh dapat selamat sebab ditolong dengan tetangga, ujarnya.

korban ika dan meninggal dunia tertimpa reruntuhan tembok serta tidak sempat lari menyelamatkan diri saat berada pada website pembuatan roti di jalan sultan agung v, kelurahan kepatihan, kecamatan kaliwates.

sejumlah masyarakat yang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan properti mereka segera dilarikan ke pusat kesehatan penduduk (puskesmas) setempat dan properti sakit daerah (rsd) dr soebandi jember, tapi korban ika meninggal ketika dalam perjalanan menuju properti sakit.

hasil pendataan bpbd jember hingga sabtu sore tercatat bangunan dan rusak akibat angin puting beliung mencapai 539 unit, melalui perincian rumah rusak berat sebanyak 20 unit, rumah rusak tengah sebanyak 159 unit dan rusak ringan 360 unit properti.

salah seorang korban dan rumahnya ambruk, sodik, menyatakan belum memperoleh santunan dari pemerintah kabupaten setempat.

kami secara bergotong royong meningkatkan properti yang rusak akibat angin puting beliung, namun santunan untuk perbaikan rumah dari pemkab setempat belum ada, katanya.

ia menyatakan sejumlah penduduk masih trauma melalui kejadian yang mendorong properti rusak serta pohon tumbang di kawasan setempat sebab bencana angin puting beliung belum sudah menerjang kawasan setempat dalam pilihan tahun