Ada calo rekrut buruh di pabrik kuali

kepala bidang humas polda metro jaya komisaris besar polisi rikwanto mengatakan pihaknya mendapatkan Informasi dua oknum dan kerap menyerahkan pekerja kepada pemilik pabrik kuali pada tangerang dan telah mempekerjakan pegawainya melalui buruk.

yang merekrut itu diketahui inisialnya j juga u. keduanya menggunakan pekerja dalam daerah, j selama kurang lebih lampung juga u selama cianjur, jawa barat, tutur rikwanto dalam jakarta, selasa.

meski belum tahu hubungan diantara diantaranya, j juga u diduga tidak saling mempelajari. sampai ketika ini, kepolisian baru mengejar keduanya.

rikwanto mengajarkan, berdasarkan keterangan awal daripada tersangka penyiksa buruh, yuki irawan (41), j serta u biasanya hendak dikontak jika tersangka membutuhkan pekerja.

Informasi Lainnya:

jika sudah mencari orang dan bisa dipekerjakan, kedua calo tersebut mau menghubungi tersangka yuki. selanjutnya, tersangka akan mengirimkan biaya kepada kedua calo untuk uang transport pekerja dari daerah asal sampai ke pabrik yuki dalam tangerang.

jadi semua biaya ditanggung tersangka. serah terimanya biasanya dalam depan gang (pabrik) atau pada dalam pabriknya, katanya.

rikwanto menambahkan, pihaknya tengah memperdalam proses perekrutan buruh yang berusaha dalam pabrik tersebut. dia menyampaikan pakah nantinya ada oknum dan mengiming-imingi calon karyawan melalui seluruh fasilitas supaya tergoda ikut berusaha.

kami terus mendalaminya, dilihat daripada hulu, apa mereka (buruh) bekerja, bagaimana perekrutan, itu ingin kami dalami, ujarnya.

seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 34 buruh dan dipekerjakan dengan buruk dalam sebuah pabrik kuali di kampung bayur opak rt 03/06, desa lebak wangi, kecamatan sepatan timur, tangerang, mendapat perlakuan buruk dari bos mereka.

penyekapan buruh selama pabrik kuali itu terkuak setelah dua buruh dan bekerja pada pabrik itu berhasil melarikan diri. kedua buruh yakni andi gunawan (20) juga junaidi (22) kabur sesudah tiga bulan dipekerjakan melalui tak layak.

pemilik industri yuki irawan juga enam orang mandor pabrik ketika ini sudah ditetapkan dijadikan tersangka. ternyata kedua calo j juga u sekarang masuk mendaftar pencarian orang (dpo) juga terus diburu kepolisian.