SDN 05 Cilaku, Bogor, yang merana

gedung sekolah dasar negeri (sdn) 05 cilaku selama kecamatan tenjo, kabupaten bogor, jawa barat, dan dibangun tahun 1985 sekarang merana, kusam dan usang termakan usia.

atap kedua gedung sekolah yang terdiri atas enam ruang kelas serta Salah satu ruang guru itu bocor dalam pilihan pihak, kosen-kosennya keropos, jendelanya bolong juga lantainya berlumpur ketika hujan

kursi dan meja kayu belajar model berlarut di ruang-ruang kelas kepada sekitar 210 siswa sekolah tersebut tak lagi mulus, ada berlupang serta keropos dimakan rayap.

sdn 05 cilaku ini berdiri tahun 1985, dari berdiri bangunan yang kedua ini belum pernah direnovasi, manakala bangunan dan pertama telah sudah tapi telah amat lama, papar kepala sekolah sdn 05 cilaku, ruiyat.

Informasi Lainnya:

ruiyat mengatakan, sehari-hari siswa belajar di ruangan yang kondisinya tak bisa disebut pantas itu.

ya bila hujan airnya ngucur ke kelas, katanya mengenai atap Satu kelas dan berlubang.

sisa rembesan air hujan dalam selasa masih terlihat selama lantai ruang kelas, persis selama bawah atap dan bocor.

agar tidak terjadi genangan tak memenuhi ruangan, pengurus sekolah mencari celah kecil seperti lobang tikus selama dinding kelas untuk jalur beranjak air.

selain itu pintu juga jendela ruang kelas empat, lima dan enam juga telah banyak keropos sebab rayap. pilihan jendelanya tidak berkaca lagi. pilihan bilah bambu dibuat supaya menutup jendela yang terbuka.

biar tak ada yang masuk ke kelas selama tutup seadanya, kata ruiyat.

pintu melalui dua daun dan terbuat daripada bahan triplek pada ruang kelas empat serta lima berlubang selama beberapa bagian. pintu kedua ruang itu cuma bisa dikunci daripada dalam makanya hanya mampu dibuka daripada ruang kelas enam melalui mengangkatnya, sebab engsel pintu telah tidak berfungsi.

lubang dalam pintu ruang kelas tiga lebih besar, sehingga pintu cuma dapat dikunci dengan mengikatnya mencari tali.

kandang bebek dan sebulan lalu dibangun masyarakat gampat ditempuh sekolah membuat anak-anak mesti belajar dengan bau tak sedap kotoran bebek dan terbawa angin.

disebelah itu kadang bebek peking, ada masyarakat dan beternak bebek telah Salah satu bulan ini, ujarnya dulmaji, penjaga sekolah dan telah berusaha dari 2005.

menurut ruiyat, sekolah sudah berupaya memperbaiki kerusakan bangunan sekolah membeli dana uang operasional sekolah (bos) namun dana yang komplit tidak cukup untuk meningkatkan semua kerusakan.

perbaikan cuma diselenggarakan sebisanya, antara lain melalui menambal atap yang bocor.

untuk memperbaiki ini mesti dana dan besar. dana bos tak cukup memperbaikinya, ujarnya.

sekolah, lanjut ruiyat, juga sudah melaporkan kondisi sekolah ke pemerintah kabupaten bogor melalui dinas studi setempat.

informasinya perbaikan sekolah mau dilakukan selama tahun ini melalui dana dak, katanya.

menurut sekretaris kepala dinas studi kabupaten bogor, gada sembada, bangunan sdn 05 cilaku hendak langsung diperbaiki membeli dana alokasi khusus (dak) pemerintah.

sdn 05 cilaku terdaftar selama penerima dana dak dan hendak direhabilitasi tahun ini, ujarnya.