Hatta: Kemendikbud tidak terkena pemotongan anggaran

menteri koordinator jenis perekonomian hatta rajasa mengatakan kementerian pendidikan juga kebudayaan merupakan salah Salah satu kementerian yang tidak terkena pemotongan anggaran.

pemangkasan terbesar terjadi pada 15 kementerian lembaga yang mempunyai anggaran besar, kecuali kemendikbud, sebab diatur selama undang-undang mesti 20 persen daripada total apbn, ujarnya saat ditemui sebelum rapat koordinasi membahas pemotongan berbelanja kementerian lembaga di jakarta, rabu.

hatta mengatakan rencana pemotongan shopping kementerian lembaga itu dilakukan untuk menahan pelebaran defisit anggaran juga terjadi di belanja dan tak mengikat seperti perjalanan dinas juga pembangunan gedung.

menurut dia, pemotongan tersebut dilaksanakan secara proposional pada setiap kementerian lembaga sesuai dengan alokasi anggaran pada rencana kerja pemerintah serta proses pengadaan barang serta jasa.

Informasi Lainnya:

kita cuma pilih besarannya dan menurut proporsinya. tersebut tidak hanya kasus seberapa besar anggarannya, tapi juga rencana kerjanya, ujarnya.

menteri perencanaan pembangunan nasional/kepala bappenas armida alisjahbana menyampaikan proses pemotongan ini adalah upaya agar menjaga ketahanan fiskal juga untuk anggaran belanja negara lebih efisien.

tentu ini tak tidak susah, karena ini sudah bulan mei, sehingga dan betul-betul mampu dipangkas dulu pasti dan tidak menganggu target, katanya

armida meyakinkan belanja kementerian lembaga yang terkena pemotongan tersebut antara lain shopping non operasional dan masih dapat ditunda pelaksanaannya, dan tak mengganggu target pelaksanaan pembangunan.

tentu setiap kementerian lembaga berbeda (pemotongannya), tidak mampu dipukul rata. apabila kami bisa dan diminta 10 persen rupiah murni (daripada anggaran k/l), bukan total anggaran, ujarnya.