100 tumpeng akan disiapkan untuk sedekah ringin kembar

masyarakat kawasan candi borobudur selama desa ringin putih, kabupaten magelang, jawa tengah, akan menyiapkan 100 tumpeng agar prosesi sedekah ringin kembar guna menghidupkan tradisi budaya bersih desa setempat.

kegiatan merti desa (bersih desa) itu mengenai melalui agenda bersama masyarakat desa lainnya pada kurang lebih borobudur 'ruwat rawat 'borobudur selama 1,5 bulan kedepan, papar sekretaris panitia ruwat rawat borobudur 2013 sugeng muslih selama borobudur, sabtu.

ia mengajarkan tumpeng dan secara swadaya disiapkan warga dari setiap rukun tetangga dan kepala dusun setempat itu hendak diarak sejauh Satu kilometer daripada balai desa ringin putih menuju tempat pada tepi dusun sriyasan.

tempat dalam tepi areal persawahan yang menghubungkan dusun sriyasan dengan dusun kranggan, desa ringin putih, kecamatan borobudur tersebut dipercaya warga, pernah tumbuh pohon ringin putih dengan tidak kasat mata pada waktu lampau.

Informasi Lainnya:

ia menungkapkan 100 tumpeng ingin diletakkan pada web tersebut supaya lalu modin dusun setempat, dahlan (60), memimpin doa serta seterusnya warga menyantap sajian tumpeng tersebut dengan bersama-sama.

sugeng yang serta ketua badan perwakilan desa ringin putih tersebut mengatakan aktifitas serupa pada kemarin ditandai melalui penanaman pohon beringin dalam info tersebut.

prosesi sedekah ringin kembar yang ditandai melalui perarakan 100 tumpeng tersebut mau berlangsung selama 2 juni 2013.

ia menungkapkan prosesi tersebut dan menggandeng ratusan masyarakat yang tergabung selama berbagai kelompok kesenian tradisional. mereka hendak menggunakan pakaian tarian tradisional tiap-tiap, semisal kuda lumping, topeng ireng, uyon-uyon, kubro siswo, sholawatan jawa, rebana, ketoprak, serta buto grasak.

sejumlah pihak ingin mengambil air dari kompleks taman wisata candi borobudur untuk dibawa ke desa kami agar menyiram pohon beringin yang kami tanam tahun 2012. ini simbol pemeliharaan terhadap upaya penghijauan yang sudah kami lakukan, papar sugeng yang dan ketua bidang organisasi warung tempat jagat cleguk, Satu komunitas borobudur agar upaya konservasi kawasan candi borobudur.