Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov selama jumat menyatakan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara pada upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh aku mengerti, swiss siap mempunyai ranah ramahnya untuk perundingan enam pihak, dengan harapan bahwa itu diselenggarakan. kami tak menentang prakarsa tersebut, kata lavrov pada wartawan sesudah berhadapan melalui timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan itu, dan menggandeng korea utara juga korea selatan, cina, rusia, amerika amerika dan jepang, dibekukan dari 2009 sesudah korea utara baik diri pada menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas kegiatan peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah diantara 2003 sampai 2007 serta swiss di pekan 2012 menyediakan bantuan ketika ketegangan memuncak dalam semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss mempunyai lima tentara selama garis gencatan senjata selama diantara kedua korea tersebut, dibuat pihak dari komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata sejak perang korea dalam 1950-an.

negara itu serta memiliki kantor jembatan dalam pyongyang, ibukota korea utara, yang komunis.

pemimpin negara terkendali ketat itu, kim jong-un -yang ketiga di wangsa pemimpin kuat- menghabiskan beberapa tahun sekolah dalam swiss dalam bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry dalam jumat menyuarakan dukungan negaranya untuk korea selatan bergerak menuju pembahasan dengan pyongyang.

saat berbicara terhadap wartawan selama seoul, kerry menyatakan pemimpin korea utara kim jong-un memesan kesalahan besar bila memaksakan peluncuran peluru kendali, serta mendesak china berupaya lebih keras mengendalikan sekutunya selama pyongyang.

tapi, melalui ketegangan pada semenanjung korea pada tingkat tertinggi dalam bertahun-tahun, kerry menyampaikan washington juga bekerja sama dengan menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, yang terpilih atas janji keterlibatan lebih sulit dengan pyongyang.

president park terpilih melalui pandangan berbeda terhadap kemungkinan perdamaian juga kami menghormati pandangan tersebut, kata kerry.

kami siap berusaha dengan keyakinan kiranya hubungan utara dengan selatan bisa meningkat juga mereka dapat membaik amat segeralah. aku pikir, kami telah meminimalkan retorika kami dengan berarti juga kami berusaha mendapatkan langkah supaya kewajaran menang selama situ, tambahnya dikutip afp.