Kominfo luncurkan layanan perizinan spektrum daring

kementerian komunikasi serta informatika membuat layanan perizinan spektrum secara daring (online) ataupun e-licensing.

layanan ini juga dapat menurunkan tingkat ketidakpastian (perizinan frekuensi radio) sebab banyak transparansi dan partisipasi penduduk, kata menteri komunikasi serta informatika tifatul sembiring dalam jakarta, rabu.

tifatul mengatakan, pemohon perizinan spektrum mampu tahu serta menelusuri proses perizinan tergolong biaya lisensi ataupun pun pengusutan bila terjadi penyelewengan perizinan melalui layanan sistem info manajemen sumber daya serta perangkat pos serta informatika (sims) itu.

layanan ini memungkinkan pemohon izin agar mengajukan perizinan frekuensi radio ke ditjen sumber daya juga perangkat pos serta informatika (sdppi) tidak mesti bertemu melalui kaum petugas, tutur direktur jenderal sdppi kominfo, budi setiawan.

Informasi Lainnya:

budi menungkapkan aplikasi sims berbasis komputasi awan itu akan mendukung peningkatan penghasilan negara bukan pajak (pnbp) dari uang hak penggunaan izin stasiun radio (bhp-isr) dan sertifikasi perangkat pos serta informatika, selain memutus rantai birokrasi dan waktu proses perizinan.

pnbp total kementerian komunikasi juga informatika selama 2012 mencapai lebih dari rp11,584 triliun melalui pnbp dari lisensi spektrum radio mencapai sekitar rp9,4 triliun. sistem registrasi juga perizinan spektrum internet itu adalah pengembangan dari sistem automated frequency management system (afms) generasi pertama juga generasi kedua.