Pemerintah siapkan kompetensi kehumasan

dirjen info serta komunikasi umum kementerian komunikasi serta informatika, freddy h tulung, menyampaikan pemerintah hendak menerapkan kompetensi bidang kehumasan supaya memperkuat fungsi pada mengatakan pesan-pesan pemerintah pada publik.

selama ini, humas seolah-olah hanya jabatan karir sehingga mereka tidak sediakan kompetensi supaya itu, ujar freddy h tulung pada sela-sela seminar bakohumas regional indonesia tengah pada pontianak, selasa.

menurut dia, telah sepatutnya bekerja di jenis humas mempunyai aturan main berupa kode etik.

ia meneruskan, kode etik kehumasan sudah disepakati dengan persatuan kehumasan, baik dari kalangan pemerintah maupun swasta.

untuk kenal kode etik, pasti harus sediakan kompetensi pada bidang tersebut. seperti wartawan, serta punya kode etik, ujar dia.

Baca: Melangsingkan Badan - Melangsingkan Badan - Melangsingkan Badan

ia menambahkan, humas--terutama pemerintah--mempunyai fungsi agar menyatakan kebijakan publik, memiliki kepekaan selama menyerap masukan masyarakat, dan memberi edukasi pada umum.

freddy juga mengingatkan fungsi yang tak tidak sulit itu mencari petugas humas mesti mempunyai standar kompetensi tertentu.

nanti hendak ada semacam sertifikat kepada humas dan telah lulus kompetensi. kami akan menyertakan pihak ketiga, rencananya melalui london school of public relations, kata dia.