Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji menyerahkan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah kepada warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan juga instansi pemerintah yang lain dalam makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat itu dilaksanakan secara simbolik oleh kepala bpn kepada 46 penerima di halaman properti jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai sekarang. ini merupakan hasil kerja luar biasa daripada segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah pada sulawesi selatan, kata hendarman.

dia mengajarkan untuk berbagai wilayah indonesia terkandung kurang lebih 85 juta jenis tanah yang mesti disertifatkan. hingga ketika baru 45 juta bidang yang sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri untuk bekerja lebih segeralah agar menyerahkan pelayanan sertifikat tanah dan lebih menarik terhadap warga.

hendarman menekankan untuk seluruh jajaran dalam berusaha taat kepadan ajaran juga taat terhadap azas supaya penduduk memperoleh pelayanan pasling baik.

pada kesempatan tersebut, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya di memimpin bpn. presiden memberi saya dua tugas yakni memangkas sengketa dan ingat kepada pihak kecil, ujarnya.

untuk itu, bpn akan terus menggalakkan program-program pro-rakyat dan di ini sudah berjalan. program-program itu diantaranya sertipikat prona tidak mengeluarkan biasa, web jemput bola layanan sertifikat tanah untuk rakyat (larasita) juga program one day service.

mantan jaksa agung ri itu juga menekankan tinggal prinsip dasar bahwa tanah merupakan sumber kesejahteraan juga kemakmuran terhadap rakyat, makanya tanah harus dihindarkan daripada spekulasi.

sejalan melalui penggalakan situs pro-rakyat tersebut, bpn serta akan mempertimbangkan hak untuk upaya-upaya (hgu) bagi perusahaan ataupun holding perusahaan yang sudah mempunyai hgu lumayan luas. saya juga mau meminta untuk pemegang hgu membangun konsep plasma serta inti agar bermanfaat bagi penduduk, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menungkapkan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut keduanya terdiri dari prona 11.282 jenis, redistribusi tanah untuk rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, penduduk berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 jenis, wakaf 73 bidang juga sisanya 803 supaya pertanian.

elfachri dan mengakui sengketa tanah lumayan banyak pada wilayah kerjanya. kami sudah melaksanakan 220 sengketa lewat mediasi dan gelar perkara, ujarnya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menungkapkan pihaknya siap berusaha sama melalui bpn untuk melancarkan proses sertipikasi tanah kepada masyarakat. jenis kerja sama tersebut salah satunya melalui penandatangan mou diantara gubernur sulsel melalui kakanwil bpn sulsel yang disaksikan kepala bpn ri.